Home Top Ad

Responsive Ads Here

LINGKUP SAYEMBARA A.      PENDAHULUAN Kota Semarang merupakan kota yang memiliki peranan penting dalam sejarah. Salah satu peningga...

Sayembara Nasional Ide Desain Ruang Publik Kawasan Kota Lama Semarang 2013


LINGKUP SAYEMBARA
A.     PENDAHULUAN
Kota Semarang merupakan kota yang memiliki peranan penting dalam sejarah. Salah satu peninggalan sejarah di Kota Semarang adalah Kawasan Kota Lama. Kota Lama adalah suatu kawasan di Semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Dalam Kawasan Kota Lama terdapat sekitar 50 bangunan kuno peninggalan kolonialisme. Namun Kota Lama yang semestinya menjadi memori akan sejarah Kota Semarang  sekarang berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Hal ini diakibatkan tidak adanya aktifitas yang mampu menghidupkan Kota Lama sehingga tidak muncul kepedulian pemerintah dan masyarakat terhadap keberadaanya.
Pada beberapa kota di dunia, ruang public adalah media yang terbukti dapat menghidupkan suatu kota apabila dirancang dengan tepat sebagai ruang publik yang aktif. Taman merupakan salah satu bentuk ruang publik yang terlihat jelas secara fisik. Pada saat ini kawasan kota lama memiliki beberapa taman, salah satunya yang belum termanfaatkan dengan maksimal yakni Taman BTPN. Taman ini seharusnya berpotensi menjadi ruang publik yang aktif. Namun fungsinya saat ini hanya berupa ruang hijau dengan aktifitas yang masih terbatas. Hal ini terlihat pada aktifitas yang dilakukan masyarakat hanya pada saat tertentu dan dalam intensitas yang sangat jarang.
Untuk itu perlu adanya upaya untuk memaksimalkan kembali fungsi Taman BTPN sebagai ruang public dan magnet aktifitas untuk menghidupkan kembali kawasan Kota Lama. Kepekaan terhadap penyusunan program yang dapat diterapkan untuk mewujudkan keuataman tersebut menjadi ruang publik yang aktif, Desain taman yang lebih atraktif dan inovatif diharapkan mampu menarik beragam aktifitas masyarakat dan mengembalikan kejayaan Kota Lama.

Maksud dan Tujuan
Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan dan Pelatihan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Amogashida bersama Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bermaksud mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia untuk memikirkan dan melihat hal ini dari perspektif kreatif dan kritis. Bagaimana mengembangkan sebuah taman menjadi ruang publik yang aktif dan mampu mengakomodasi berbagai program yang berkembang kini ke dalam fungsi taman itu sendiri sebagai ruang hijau. Sehingga diharapkan dialog antara taman sebagai ruang hijau dan ruang publik yang aktif dapat bersinergi untuk menjadi magnet aktifitas bagi kawasan disekitarnya.

Sasaran
Tergalinya ide-ide kreatif dalam desain perancangan dan desain taman sebagai ruang publik yang aktif di Kawasan Kota Lama Semarang.

B.     LOKASI PERENCANAAN
Lokasi perencanaan sayembara adalah Taman BTPN di Kawasan Kota Lama Semarang.

C.     ARAHAN RANCANGAN SAYEMBARA
Ide desain desain Taman Kawasan Kota Lama merupakan kebebasan dari setiap peserta dalam mengekspresikan kreatifitasnya. Peserta dibebaskan menambahkan program lain yang dapat menunjang kegiatan pada taman. Taman ini diharapkan menjadi pusat berkumpul yang merupakan magnet bagi Kota Lama pada umumnya. Selain itu, ide desain diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang ada pada Kota Lama. Penekanan ide desain rancangan taman ini haruslah dapat kontekstual dengan lingkungan di sekitarnya yang merupakan daerah konservasi dengan nilai sejarah yang tinggi termasuk keberadaan Taman Srigunting yang bersebelahan dengan taman ini. Bangunan eksisting pada tapak merupakan bangunan konservasi yang harus dipertahankan, vegetasi dapat diaplikasikan pada fasad bangunan. Dimungkinkan pula untuk meniadakan lantai satu bangunan untuk menambahkan vegetasi atau ruang komunal.

D.     KRITERIA PENILAIAN
1. Originalitas
Hasil karya dari peserta tidak boleh menduplikasi dari sumber manapun, bukan tiruan dari desain yang telah ada.
2. Kreatifitas ide perancangan arsitektural
a. Ketajaman dan kekritisan peserta dalam membaca situasi/kondisi dari lokasi perancangan.
b. Ketepatan dalam menjawab tantangan dan masalah yang ada (dari pembacaan konteks) pada perencanaan dan      perancangan proyek.
c. Kreatifitas dalam melihat peluang dalam merencanakan program baru yang mampu merepresentasikan desain ruang public inovatif dan progressif.
d. Serta mencerminkan desain ruang public masa kini
3. Tanggap lingkungan sekitar
Gagasan desain tetap memperhatikan fungsi asli taman sebagai ruang terbuka hijau dan tanggap terhadap konteks sekitar sebagai kawasan historis.
4. Kejelasan ruang
Sayembara ini hanya merupakan sayembara gagasan, namun kejelasan ruang, tektonik dan bentuk arsitektur menjadi pertimbangan penting.

TEKNIS PENYELENGGARAAN
A.     SIFAT SAYEMBARA
1. Sayembara ini terbuka bagi mahasiswa arsitektur, landscape, dan senirupa.
2. Peserta dapat perorangan maupun kelompok. Untuk kelompok beranggotakan maksimal 2 orang.
3. Setiap peserta hanya boleh mengumpulkan satu karya dengan batas waktu yang sudah ditentukan.
4. Peserta yang terpilih sebagai tiga besar diwajibkan untuk menghadiri dan  mampu mempresentasikan hasil karyanya berupa power point (ppt) di hadapan dewan juri dan pembicara UHSID yang bertempat di Gedung Widya Puraya UNDIP pada tanggal 9 November 2013.
5. Sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan juri dan panitia baik secara pribadi maupun professional guna menghindari konflik kepentingan. Apabila dalam pelaksanaannya diketahui hal tersebut, panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya.

B.     PENDAFTARAN/PENGAMBILAN BERKAS SAYEMBARA
1. Pendaftaran dilakukan atas nama peserta yang bersangkutan dan bagi peserta kelompok diwakili oleh ketua kelompoknya.
2. Peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp.50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah). Dan dapat ditransfer ke Bank Mandiri Syariah a/n Nindya Vedayanti dengan nomor rekening 7044691862. Selanjutnya konfirmasi pembayaran via sms ke Sagita Hanan (085640993833) atau via email ke sayembara.arsitekturundip@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 28 Oktober 2013.
3. Nomor Peserta akan didapat apabila peserta telah mengirimkan email ke alamatsayembara.arsitekturundip@yahoo.com berisi :
a)      Formulir data identitas
b)      Scan KTP / Tanda Pengenal lainnya, untuk mahasiswa mencantumkan scan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih aktif
c)      Bukti transfer biaya pendaftaran (yang telah di scan) ke Rekening, Calon Peserta yang sudah mengirimkan Formulir akan mendapatkan email balasan yang berisi Nomor Peserta, dan Data Fisik Lokasi Taman. Email balasan dikirimkan kepada peserta setiap hari Rabu danSabtu pada minggu yang sama dengan pengiriman Formulir dari calon peserta kepada panitia. Nomor Peserta akan menjadi satu-satunya persyaratan identitas untuk dicantumkan pada karya.
4. Pengambilan TOR dan form data identitas dapat mengunduh / download darisayembaraundip.wordpress.com dan twitter @SymbrUndip13
5. Batas waktu Pendaftaran Nomor Peserta melalui email paling lambat adalah 28 Oktober 2013 pukul 24.00 WIB.
6. Peserta diharap memberikan konfirmasi setelah mengirimkan email pendaftaran via SMS kepada SagitaHanan (085640993833).

C.     PENGUMPULAN KARYA
Materi sayembara dimasukkan tanpa identitas asli peserta, kecuali nomor pendaftaran yang diberikan panitia. Panitia sayembara berhak membatalkan kepesertaannya jika materi sayembara tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam penyelenggaraan sayembara.
Materi Karya
  1. Peserta sayembara diminta untuk memasukkan gambar-gambar maksimal 2 (dua) lembarukuran A2. Materi karya dapat digulung maupun dilekatkan pada panel impra/board ringan.
  2. Materi karya tidak diperbolehkan untuk dilipat.
  3. Pada lembar gambar hanya mencantumkan identitas peserta berupa Nomor Pendaftaran Peserta dengan format penamaan file yang telah  ditentukan oleh panitia, pada sudut kanan atas dan Judul Sayembara.
  4. Materi gambar yang dimasukkan bebas, layout presentasi bebas namun harus berupa story board yang menceritakan gagasan / visi perancangan.
  5. Seluruh materi Gambar karya diminta juga untuk menyertakan data soft copy filenya untuk keperluan dokumentasi dan publikasi Penyelenggara serta Promotor, kedalam CD-R maksimum sebesar 25 MB. Gambar dikumpulkan dalam format jpeg atau PDF.
  6. Format penamaan file adalah sbb: no. urut pendaftaran – kode yang diberikan oleh panitia – no. lembar. Contoh : 04-ABC-01 dst. (no. pendaftaran 04, kode yang diberikan oleh panitia ABC, no. lembar 01)
  7. Menyertakan Formulir Nama Peserta dan anggota Kelompoknya dengan lengkap.

Cara Pemasukkan
Untuk menjaga kerahasiaan dalam proses penjurian, peserta harus memasukkan materikarya dan identitas didalam 2 Amplop terpisah yang dibagian luar hanya tertulis Nomor Kepesertaan, dengan cara Amplop Besar untuk memasukkan seluruh materi Gambar Karya dan Amplop Coklat dengan ukuran A4 berisi,
  • Formulir identitas Peserta dan anggota Kelompok.
  • CD-R rekaman karya.
Materi Karya paling lambat diterima oleh panitia/ dikirimkan pada tanggal 1 November 2013 ( bukan cap pos), dan dikirim ke :
JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
Jalan Prof. Sudharto SH, Semarang 50275

D.     PENJURIAN & JURI
Karya-karya yang dimasukkan terlebih dahulu diperiksa oleh panitia penyelenggara, untuk memastikan bahwa materi yang di masukkan memenuhi persyaratan yang diminta. Anggota Dewan Juri sayembara ini adalah,
1. Perwakilan IAI Jawa Tengah : Ir. Agung Dwiyanto, MSA
2. Perwakilan Arsitek Praktisi : Prof. Ir. Totok Roesmanto, M.Eng
3. Perwakilan Ikatan Arsitek Lansekap Jawa Tengah : Ir. Heru Puworo
Penetapan Pemenang bersifat multak dari Dewan Juri yang akan dipimpin oleh salah seorang ketua, yang akan mengeluarkan Surat Keputusan Pemenang berdasarkan mekanisme dan cara yang disepakati bersama.
Hasil Penetapan akan diumumkan oleh Panita Penyelenggara dengan,
- Diumumkan melalui website Sayembara Ide desain Taman Kawasan Kota Lama.
- Mengirimkan langsung kepada email pribadi peserta yang terpilih 3 besar.
-Dan media-media lain yang dianggap perlu.

E.     HADIAH
Pemenang I             5 juta rupiah + sertifikat.
Pemenang II           3 juta rupiah + sertifikat.
Pemenang III          2 juta rupiah + sertifikat.

F.      HAK CIPTA
Hasil karya peserta merupakan hak milik pantia sayembara, namun gagasan perancangan tetap merupakan hak milik peserta sayembara.

G.    JADWAL SAYEMBARA
TANGGALACARA
1 Oktober 2013Pengumuman Sayembara
1 Oktober 2013 – 28 Oktober 2013Pendaftaran Peserta
1 November 2013Batas pengumpulan karya
4 November 2013Penjurian tahap 1
5 November 2013Pengumuman 3 karya terbaik
9 November 2013Presentasi dan pameran 3 karya terbaik pada UHSID International Conference sekaligus pengumuman pemenang (1,2,dan3) dan penyerahan hadiah

0 coment�rios: