Home Top Ad

Responsive Ads Here

Wiswakharman Expo atau WEX adalah ajang ekshibisi sekaligus kompetisi arsitektur tahunan yang dihelat oleh jurusan Teknik Arsitektur ...

Sayembara Desain Share House Wiswakharman Expo 2015



Wiswakharman Expo atau WEX adalah ajang ekshibisi sekaligus kompetisi arsitektur tahunan yang dihelat oleh jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tahun ini, mengusung slogan Live the Future Live the Culture, WEX menghadirkan tema teknologi dalam pelaksanaan pamerannya. Salah satu agenda yang tidak ketinggalan adalah pelaksanaan sayembara desain arsitektur yang kali ini mengusung isu Share House, berikut penjabaran lebih rinci dari panitia yang dimuat di website resminya:


LATAR BELAKANG

Pertumbuhan penduduk dunia dari tahun ke tahun akan semakin bertambah. Bahkan peningkatan populasi tersebut terjadi di hampir setiap negara. Pertumbuhan dan pertambahan jumlah penduduk merupakan kejadian yang tidak bisa dihindari. Akibat dari pertumbuhan penduduk tersebut adalah meningkatnya kepadatan penduduk dimana jumlah populasi manusia dan luasan lahan yang ada semakin besar perbedaannya.

Pertumbuhan jumlah penduduk tidak diikuti dengan pertumbuhan lahan. Lahan sebagai tempat manusia melakukan segalanya tidak akan ikut bertambah. Apabila kepadatan penduduk yang diluar batas wajar terjadi, maka daya dukung lahan akan semakin berkurang. Dengan demikian kepadatan penduduk akan menjadi permasalahan besar.

Dari penjelasan latar belakang diatas dapat disimpulkan dua masalah utama umat manusia di masa depan,
  • Keterbatasan lahan untuk menampung segala kegiatan umat manusia yang jumlahnya semakin banyak
  • Ketersediaan bahan bakar fosil di dunia yang terbatas
Berdasarkan dua masalah di atas maka sayembara Wiswakharman Expo 2015 mengambil tema “Share House”sebagai solusi menyelesaikan dua masalah utama tersebut.


SHARE HOUSE

Share House merupakan konsep hunian privat dengan pengguna yang komunal. Maksudnya, hunian digunakan untuk bisa menampung sebanyak mungkin pengguna pada kondisi lahan yang seminimal mungkin. Pengguna bisa berupa sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang sama, semisal sekelompok mahasiswa, sekelompok karyawan pabrik, sekelompok pedagang sayur, yang menyewa rumah untuk dijadikan tempat tinggal bersama, maupun dua atau lebih keluarga dalam satu atap. Oleh karena itu, sesuai dengan namanya, Share house atau rumah berbagi, maka penghuni saling berbagi ruang yang sama untuk melakukan kegiatan-kegiatannya.

Masalah kedua yang harus ditanggapi adalah keterbatasan pasokan energi. Selain mampu menampung penghuni dalam jumlah besar, konsep hunian ini juga harus mampu memenuhi kebutuhan energinya sendiri. Untuk mampu 100% memenuhi secara mandiri kebutuhan energi dirasa masih sangat sulit oleh karena itu setidaknya 50% kebutuhan energi dapat dipenuhi secara mandiri. Pemanfaatan kondisi tapak dan potensi yang ada untuk dijadikan pemasok energi juga menjadi ide dari konsep hunian yang disiapkan untuk masa depan ini.

SAYEMBARA 'SHARE HOUSE'
WISWAKHARMAN EXPO 2015
di dukung oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)


TOTAL HADIAH 16 JUTA RUPIAH!!!


LATAR BELAKANG
  • Keterbatasan lahan untuk menampung segala kegiatan umat manusia yang jumlahnya semakin banyak
  • Ketersediaan bahan bakar fosil di dunia yang terbatas.
Berdasarkan dua masalah di atas maka sayembara Wiswakharman Expo 2015 mengambil tema “Share House” sebagai solusi menyelesaikan dua masalah utama tersebut.

PESERTA

Peserta merupakan mahasiswa Program Studi apapun, namun tiap kelompok diwajibkan terdapat mahasiswa/i program studi Arsitektur, Teknik Sipil, Desain Interior, atau bidang kreatif lainnya yang masih memiliki KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) aktif hingga akhir penjurian lomba.

APRESIASI

JUARA 1 UANG TUNAI 7,5 JUTA RUPIAH + SERTIFIKAT
JUARA 2 UANG TUNAI 5 JUTA RUPIAH + SERTIFIKAT
JUARA 3 UANG TUNAI 3 JUTA RUPIAH + SERTIFIKAT
JUARA 4 UANG TUNAI 750 RIBU RUPIAH + SERTIFIKAT
JUARA 5 UANG TUNAI 750 RIBU RUPIAH + SERTIFIKAT

JURI SAYEMBARA

  • Budiman Hendropurnomo (DCM JAKARTA)
  • Jatmika Suryabrata (Universitas Gadjah Mada)
  • Tan Tik Lam (dalam konfirmasi)
  • Yu Sing (dalam konfirmasi)

JADWAL SAYEMBARA

- 27 Januari s.d. 3 Maret 2015 : Pendaftaran Sayembara
- 27 Januari s.d. 17 Maret 2015 : Pengumpulan Karya
- 24 Maret 2015 : Penilaian Tahap 1
- 5 April 2015 : Presentasi 5 Besar dan Inagurasi (pada event WISWAKHARMAN EXPO 2015 di TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA)


CONTACT PERSON

ANDI +62-8138-467-7700
HUSNA +62-857-2957-3336

WEX2015 OFFICIAL ACCOUNT
Official page: www.wiswakharmanexpo.com
Official facebook: www.facebook.com/wexugm
Official twitter: @WEX_UGM
Official instagram: @WEX_UGM

0 coment�rios: